Dari kami April ini…

Kritikus sosial sekaligus penyair Thomas Stearns Eliot pernah berujar, “April is the cruellest month”. Kejam? Hmm..sebuah ungkapan yang menggelitik. Terlebih jika itu direfleksikan dari 19 artikel koran yang berhasil dihimpun malumaluin.wordpress.com sepanjang bulan April ini.    

Seorang blogger yang bernama Aziz Purwanto urun rembug dalam artikel pertama di bulan April. ‘Ya memang kita sebagai orang kecil mau bilang apa?’ timpal Aziz atas artikel Koran SINDO, Senin (01/04/2013) yang berjudul ‘Tarif Naik, Listrik Malah Padam.’ Apakah itu jadi penanda ada sebuah kekejaman di sana? Akan jadi perdebatan yang panjang untuk menjawab pertanyaan itu.

Lalu, bagaimana dengan artikel yang diambil dari Koran Tempo, Rabu (03/04/2013)? Judul artikelnya: ‘Guru Memukul Siswa di Bogor’. Tindakan yang kejam seolah memancarkan jati dirinya dari cerita dalam artikel itu. Terlebih beberapa blogger pun turut mengecam aksi seorang guru yang berpotensi mengganggu psikologis siswanya. “..ada baiknya memukul diri sendiri dulu sebelum memukul siswanya…” begitu timpal blogger dengan nama udara ruangimaji.

Lain cerita dengan artikel berita yang diperoleh pada tanggal 15 dan 16 April 2013. Hampir seluruh media cetak nasional yang ada melansir soal amburadulnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN). KORAN SINDO, Selasa (16/04/2013), misalnya. Judul berita yang dipilih: “Ujian Nasional Amburadul”. Isinya? Ada indikasi kekejaman. Mulai dari paksaan penyeragaman bentuk evaluasi belajar dalam UN hingga pengabaian hak pelajar untuk mengikuti aturan pelaksanaan UN dengan tepat waktu. Muaranya? “Mau dikemanakan ya para penerus bangsa ini…?” begitu celoteh blogger bernama Aziz Purwanto.  

Kejam dan pemerasan seolah menemukan unsur kimiawinya sendiri manakala pihak sekolah diharuskan memberikan upeti kepada penyelenggara negara demi keamanan pelaksanaan Ujian Nasional. Lihat artikel yang diambil dari Koran Tempo, Senin (29/04/2013) https://malumaluin.wordpress.com/2013/04/29/sssttt-negara-juga-dapat-upeti-yuk-intip-ini/

Kalau saja ungkapan Thomas Stearns Eliot benar-benar membumi dalam rangkuman artikel malumaluin.wordpress.com di April ini, tentu bangsa Indonesia butuh penyembuh dampak dari kekejaman itu. Harapannya, dengan semakin banyak blogger yang berpartisipasi dalam blog ini semakin banyak pemikiran bernas yang bisa jadi alternatif jalan keluar dari pusara kekejaman bumi pertiwi ini.

Soal kejam memang punya dimensinya sendiri. Tapi, di bulan April ini, malumaluin.wordpress.com secara khusus memberikan apresiasi kepada seorang blogger yang bernama Aulia Fasya (http://fasyaulia.wordpress.com/aboutme/) atas komentarnya dalam artikel yang dilansir oleh Sinar Harapan pada 13 – 14 April 2013 dengan judul: “Kondom Berserakan di Kantor Bupati”.  Kejam itu seolah menemukan jati dirinya dalam proses saling menyalahkan satu sama lain. “Kalau udah gini, jadinya saling menyalahkan semua pihak. Ckck memalukan -__-“ begitu komentar blogger yang kami tetapkan sebagai komentar paling kreatif bulan April ini. Dan, untuk itu kami akan mengirimkan malu-maluin award berupa cokelat kepada blogger yang berdomisili di Bandung ini.

Kami berharap usaha dokumentasi ini semakin dikenal banyak orang. Dan, tentu saja, tetap mendapatkan dukungan.  Tujuannya satu. Perubahan hidup ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, kami akan tetap melanjutkan dokumentasi ini di bulan Mei dan bulan-bulan selanjutnya.

Salam malu-maluin!

 

Pir Owners

Koordinator malumaluin.wordpress.com

malumaluinaje@yahoo.com

One response to “Dari kami April ini…

  1. Hihihi romantis banget dikasih cokelat =))

    Thankyou team malu-maluin! Keep sharing dan salam malu-maluin~

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Salam malu-maluin!

Januari 2013

Blog Stats

  • 20,613 hits
%d bloggers like this: